Sabtu, 17 September 2011

Resume APBO pert 2 (19-09-2011)

NIM/NAMA       : 09 41011 0014 / Febrian Abindra Rakhman

UML
UML disebut sebagai bahasa yang telah distandarisasi untuk digunakan dalam memodelkan suatu sofware atau sistem. UML sebagai bahasa yang memberikan vocabulary dan tatanan penulisan kata untuk kegunaan komunikasi. Sebuah bahasa model, yaitu bahasa yang mempunyai vocabulary dan konsep tatanan atau aturan penulisan serta secara fisik mempresentasikan dari sebuah sistem.
UML adalah bahasa standart untuk pengembangan sebuah sistem yang dapat menyampaikan bagaimana membuat dan membentuk model-model, tetapi tidak dapat menyampaikan kapan dan apa model yang seharusnya dibuat . UML bukan saja merupakan bahasa visual saja, namun juga dapat secara langsung dihubungkan ke berbagai bahasa pemrograman, seperti JAVA, C++, Visual Basic atau bahkan dihubungkan secara langsung kedalam OODB. Pendokumentasiannya : requirement, arsitektur, design, source code, project plan, test dan prototype.

Diagram UML
Activity Diagram
Menggambarkan rangkaian aliran dari aktivitas, digunakan untuk mendeskripsikan aktifitas yang dibentuk dalam suatu operasi. Mempresentasikan bisnis juga workflow operasional dalam suatu sistem. Activity diagram merupakan variasi dari state diagram yang mana ‘state’ merepresentasikan operasi dan transisinya merepresentasikan aktivitas yang terjadi pada saat operasi sudah selesai.
Use Case Diagram
Deskripsi fungsi yang disediakan oleh sistem dalam bentuk teks sebagai dokumentasi dari use case symbol. Menjelaskan dan menerangkan kebutuhan yang diinginkan atau dikehendaki user. Menggambarkan urutan interaksi antara satu atau lebih aktor dan sistem. Untuk terciptanya sebuah use case diagram diperlukan aktor, dimana aktor tersebut mempresentasikan seseorang yang berinteraksi dengan sistem.
Sequence Diagram
Menggambarkan interaksi antara sejumlah object dalam urutan waktu. Berguna untuk menunjukan rangkaian pesan yang dikirim antar object dan interaksi antar object. Digambarkan dengan segi empat yang berisi nama dari obyek yang digarisbawahi.
Collaboration Diagram
Diagram interaksi yang menekankan organisasi struktural dari objek-objek yang menerima serta mengirim pesan dan bersifat dinamis.
Class Diagram
Menggambarkan struktur statis class dalam sistem. Class memiliki 3 area pokok, yaitu : Nama, Atribut dan Metode. Atribut dan metode dapat mempunyai sifat private (tidak dapat dipanggil dari luar class), Protected(hanya dapat dipanggil oleh class yang bersangkutan dan anak-anak yang mewarisinya) dan Public (dapat dipanggil siapa saja)
Statechart Diagram
Memperlihatkan state-state pada sistem; memuat state, transisi, event, serta aktivitas. Memperlihatkan sifat dinamis dari antarmuka, kelas, kolaborasi dan terutama penting pada pemodelan sistem-sistem yang reaktif
Component Diagram
Memperlihatkan organisasi serta kebergantungan pada komponen-komponen yang telah ada sebelumnya. Berhubungan dengan diagram kelas dan bersifat statis.
Deployment Diagram
Memperlihatkan konfigurasi saat aplikasi dijalankan (saat runtime). Memuat node beserta komponen-komponen yang ada didalamnya. Berhubungan dengan diagram komponen dimana deployment diagram memuat satu atau lebih komponen-komponen dan bersifat statis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar